Beranda  |  e-Library  |  e-Learning  |  e-Journal  |  Webmail  |   Kontak
Skip Navigation Links.
Collapse TentangTentang
        Visi dan Misi, Tujuan
        Profil
        Kalender UWKS
        Penerimaan Mahasiswa Baru
        Struktur Organisasi
        Pimpinan Fakultas
        Data Dosen
        Sekilas Tentang
Collapse Program Sarjana S1Program Sarjana S1
        Visi, Misi dan Tujuan
        Kalender Akademik
        Jadwal Kuliah
        Status Akreditasi
        Jadwal Ujian Semester
        Jadwal Ujian Skripsi
        Dosen Wali
        Dosen Pembimbing Skripsi
        Mata Kuliah Prasyarat
        Peserta Magang
        Peserta Workshop
Collapse Program Magister S2Program Magister S2
        Visi, Misi dan Tujuan
        Kalender Akademik
        Jadwal Kuliah
        Status Akreditasi
        Ujian Proposal Tesis
        Jadwal Ujian Semester
        Jadwal Ujian Tesis
        Dosen Wali
        Dosen Pembimbing Tesis
Collapse KegiatanKegiatan
        Pengabdian Masyarakat
        Penelitian
        Kerjasama
        Kegiatan Mahasiswa
Collapse AlumniAlumni
        Tracer Study
        Pusat Karir
Collapse JurnalJurnal
        Repository
        Perspektif
        EJournal
        Norma
Collapse KurikulumKurikulum
        Kurikulum
        E-Learning
Collapse Jaringan DokumenJaringan Dokumen
        Prodi S1 - Sarjana Hukum
        Prodi S2 - Magister Hukum
        Akreditasi BAN PT
        Kerjasama
        Buku Pedoman
Tenaga Pendidik

Skip Navigation Links.

Sekilas Tentang



Fakultas Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (FH UWKS) merupakan salah satu dari tujuh fakultas yang bernaung di bawah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Fakultas ini berdiri pada tanggal 19 Juni 1981, dan secara historis tercatat sebagai fakultas ketiga setelah Fakultas Pertanian. 

 

Sebagai lembaga pendidikan yang didirikan oleh tokoh-tokoh yang berpengalaman dalam bidang pendidikan dan bisnis, FH UWKS memahami betul kebutuhan dan dinamika masyarakat perkotaan, khususnya kota besar seperti Surabaya ini. Itulah sebabnya, secara bertahap FH UWKS makin memantapkan diri untuk menjadikan hukum bisnis sebagai warna dan orientasi pendidikannya.

 

Jika melihat perkembangan status yang diperolehnya, tampak kemajuan yang pesat telah dialami oleh Fakultas Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (FH UWKS).

 

Pada tanggal 05 Januari 1983 FH UWKS telah memperoleh status “Terdaftar” pada Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor: 031/O/1983.

 

Delapan tahun kemudian, status “Diakui” berhasil diraih untuk tingkat Sarjana Muda dengan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor: 0229/O/1991.

 

Status menjadi “Disamakan” pada tanggal 23 Juni 1995 dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 320/Dikti/Kop/1995. 

 

Untuk tingkat sarjana, status “Terdaftar” diperoleh pada tahun 1983 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 031/O/1983 tanggal 5 Januari 1983,

 

Dan akhirnya status tersebut meningkat menjadi “Disamakan” pada tanggal 23 Juni 1995 dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 320/Dikti/Kop/1995.

 

Pada tanggal 11 Agustus 1998, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor: 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi, status tersebut meningkat menjadi “Terakreditasi dengan Peringkat/Nilai B.

 

Perkembangan selanjutnya pada tanggal 9 Juli 2003, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 05556/Ak-VII-S1-012/UWHIHK/VII/2003 tentang Sertifikat Akreditasi Program Studi Sarjana di Perguruan Tinggi, status tersebut meningkat menjadi “Terakreditasi dengan Nilai A (Baik Sekali)”.

 

Sesuai SK BAN PT Nomor: 032/BAN-PT/AK-XI/S1/XII/2008 tanggal 5 Desember 2008, FH UWKS dapat mempertahankan “Terakreditasi dengan Nilai A (Baik Sekali)”.

 

Pada tanggal 22 November 2013, FH UWKS kembali mempertahankan “Terakreditasi dengan Nilai A" (Baik Sekali) untuk yang ke-3 (tiga), sesuai SK BAN PT Nomor: 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 yang berlaku sampai dengan 22 November 2018.

 

Setelah berdiri lebih dari tiga puluh tahun, tidak dapat disangkal lagi bahwa UWKS dewasa ini telah tampil menjadi salah satu lembaga Pendidikan Tinggi Swasta terkemuka di Indonesia, Surabaya pada khususnya. Indikasi dari hal tersebut tampak pula pada FH UWKS karena setiap tahun, banyak lulusan SMU berkompetisi secara ketat untuk menjadi mahasiswa di Fakultas ini.

Sampai Tahun 2016 telah melepas sebanyak 14.063 Sarjana Hukum ke masyarakat. Dari hasil survei yang telah dilakukan, maka ternyata semua lulusan tersebut telah bekerja di berbagai instansi swasta/pemerintah. Mereka antara lain memilih profesi sebagai advokat/pengacara, notaris, hakim, jaksa, konsultan hukum, ahli hukum di perusahaan negara atauswasta, seperti di bidang perdagangan umum, real estate, perbankan, asuransi, pasar modal, imigrasi dan sebagainya.

 

https://cekak.in/profilfhuwks2020